Mengenal Media Pembelajaran Quizizz

Daftar Isi

Membuat kuis menjadi menarik dan menyenangkan adalah tantangan tersendiri bagi guru. Terutama pada masa Pandemi dimana proses pembelajaran dilakukan secara online.

Ada banyak platform yang sebenarnya tersedia dan bisa digunakan oleh guru secara gratis untuk bisa membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Beberapa aplikasi sudah dibahas di website ini.

Apa itu Quizizz?

Salah satu aplikasi yang populer digunakan untuk membuat kuis interaktif dan menyenangkan adalah Quizizz.

Aplikasi Quizizz bisa digunakan untuk membuat kuis interaktif  dengan berbagai macam fitur yang dapat diakses dan dikerjakan oleh siswa secara online. 

Quizizz memiliki tampilan serta fitur yang dinamis sehingga tidak membosankan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Fitur Quizizz

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Quizizz untuk membantu guru membuat proses pemberian kuis menjadi menarik menyenangkan.

Student-paced 

Pertanyaan muncul di layar siswa, sehingga mereka bisa menjawab pertanyaan dengan kecepatan mereka sendiri tanpa harus khawatir ketinggalan dengan teman-teman mereka yang lain.

BYOD

Quizizz dapat dimainkan di berbagai jenis gawai/gadget menggunakan browser, baik itu di PC atau laptop dan menggunakan aplikasi yang dapat di download di playstore android atau apps store Apple.

Template Kuis

Ada ribuan guru yang telah membuat soal di Quizizz dan dapat digunakan secara bebas dan gratis oleh pengguna lain, sehingga memudahkan bagi guru untuk mencari topik kuis yang ingin mereka gunakan.

Editor Quiz

Pengguna bisa membuat kuis dengan mengambil item soal dari kuis-kuis yang telah dibuat oleh pengguna lain di Quizizz. Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna menggabungkan berbagai item soal dan membuatnya menjadi satu kuis baru. Selain itu fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengupload gambar atau menyematkan link gambar sebagai pendukung soal yang dibuat.

Reports

Fitur ini menjadi sangat penting untuk melihat progres siswa dan mengevaluasi pemahaman mereka terkait dengan soal atau kuis yang kita berikan kepada mereka. Laporan yang disediakan bisa dilihat pada level kelas dan level siswa secara individu. Selain itu laporan jawaban siswa juga dapat didownload dalam bentuk Excel. 

Quiz Costumization

Pengguna memilik banyak pilihan untuk menyesuaikan kuis yang dibuat agar sesuai dengan level kompetisi siswa, kecepatan pengerjaan anak dan lain sebagainya.



Presentasi Interaktif + Kuis

Selain fitur tersebut diatas, ada satu fitur yang sangat membantu guru untuk bisa membuat presentasi interaktif dengan memadukan slide materi, media dan pertanyaan, fitur tersebut adalah fitur Pelajaran.



Dengan menggunakan fitur ini, guru dapat mengajar secara online dengan menampilkan materi atau topik yang ingin diajarkan, menyematkan media berupa gambar dan juga secara langsung memberikan kuis ditengah-tengah presentasi tanpa harus keluar dari presentasi.


Ada banyak jenis pertanyaan yang disediakan oleh Quizizz, sehingga kita bisa mengukur kemampuan siswa dengan berbagai jenis pertanyaan tersebut. Terdapat jenis pertanyaan Pilihan Ganda, Banyak Jawaban, Isian singkat, Survey, dan Esai.


Pembelajaran/Kuis Adaptif

Salah satu fitru terbaru dari Quizizz yang menarik adalah Pembelajaran/kuis adaptif.

Fitur ini memungkinkan guru untuk bisa memberikan soal ke siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan fitur ini siswa akan memiliki set pertanyaan yang berbeda dengan siswa yang lain sesuai dengan benar tidaknya jawaban mereka pada pertanyaan sebelumnya. 

Jadi, setiap jawaban akan mengerahkan siswa ke pertanyaan yang berbeda sesuai dengan jawaban yang mereka pilih.